TANDA TANDA KANKER PADA PRIA

Bookmark and Share
Bila dibandingkan dengan wanita, pria termasuk ke dalam makhluk hidup yang paling enggan diajak ke dokter. Entah apa sebabnya, mungkin para pria merasa malu kalau ketahuan sedang menderita sakit parah dan menjatuhkan harga dirinya sebagai seorang pria.

Kalau saja para pria menyadari bahwa dengan rutin ke dokter maka beberapa penyakit berbahaya dapat terdeteksi secara dini dan mudah untuk diobati. Salah satu penyakit berbahaya itu adalah kanker.

Takut ? Boleh saja, tapi sebagai sesama pria, saya akan berbagi tanda dan gejala penyakit kanker yang perlu para pria ketahui sehingga ada peringatan untuk segera ke dokter.

1. Benjolan di payudara
Benjolan di payudara merupakan pertanda awal kanker payudara. Terkejut? Koq bisa bisanya pria kena kanker payudara. Memang bisa koq, meski angka kejadiannya tidak sebanyak wanita. Sayangnya, meskipun jarang kena tapi akibatnya yang mematikan tidak ada bedanya antara pria dan wanita.

2. Nyeri
Memang sih tidak semua nyeri itu menandakan kanker tetapi perlu diwaspadi nyeri yang berlangsung lama dan lokasinya tidak jelas.

3. Perubahan pada testis
Kanker testis sering menyerang pria umur 20 – 39 tahun. Umur yang relatif muda bukan? Waspadailah setiap ada perubahan pada testis, baik bentuknya, ukurannya, dan perubahan perubahan lainnya. Perlu diketahui juga bahwa kanker testis kejadiannya sangat cepat sehingga perlu deteksi dini yang cepat pula.

4. Pembesaran kelenjar limfe
Jika anda menemukan kelenjar limfe pada leher atau ketiak membesar, waspadalah dan segera ke dokter. Siapa tahu pembesaran itu akibat adanya penyebaran sel sel kanker.

5. Demam
Jangan sepelekan demam, apalagi demam yang berkepanjangan dengan penyebab yang tidak jelas. Segera ke dokter untuk memastikan penyebabnya karena beberapa kanker juga dapat menyebabkan demam.

6. Penurunan berat badan
Tubuh anda sebelumnya gemuk lalu tiba tiba kurus tanpa perlu diet dan olah raga? Jangan senang dulu, karena kanker juga bisa menurunkan berat badan anda.

7. Nyeri perut dan depresi
Anda tiba tiba sering nyeri perut dan disertai dengan depresi? Hati hati, kedua hal tersebut merupakan tanda tanda adanya kanker pankreas.

8. Lemah
Tubuh sering terasa lemas dan mudah capek adalah tanda tanda kanker yang sudah memakan energi yang ada di dalam tubuh kita.

9. Batuk lama
Batuk lama dan sulit sembuh dengan obat batuk biasa adalah tanda tanda kanker paru paru atau kanker lain yang sudah menyebar ke paru paru.

10. Sulit menelan
Kesulitan menelan umumnya terjadi pada kanker yang menyerang saluran pencernaan bagian atas, misalnya kanker nasofaring.

11. Perubahan pada kulit
Meskipun terdengar sepele, kanker kulit juga merupakan penyumbang kematian utama pada penderita kanker. Waspadailah setiap ada perubahan atau hal hal yang aneh pada kulit anda.

12. Pendarahan tidak jelas
Segera ke dokter setiap kali anda mendapati darah yang keluar dari tubuh anda tanpa adanya penyebab yang jelas seperti kena luka atau sebagainya.

13. Perubahan pada rongga mulut
Coba perhatikan rongga mulut anda, apakah sering sekali sariawan atauada bercak bercak putih tidak jelas sebabnya? Segera ke dokter.

14. Masalah perkemihan
Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling sering menganggu proses perkemihan pada laki laki karena letak prostat yang tepat di saluran kencing pria.

15. Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan seperti mudah sembelit, atau sering diare. Berak ada darahnya merupakan tanda awal adanya kanker pada saluran pencernaan. Segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri.






Sumber: vivanews.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger