Penyakit mata

Bookmark and Share









Seorang ibu bercerita tentang anaknya yang ketularan sakit mata di sekolah. Awalnya di kelas anaknya hanya ada satu murid yang menderita sakit mata. Hari berikutnya sakit mata sudah menular dan menjangkiti belasan murid lainnya. Tak mencapai seminggu, akhirnya hampir seluruh siswa mengalami mata merah, berair, dan bengkak.
Penyakit mata, seperti yang dituturkan Dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Ph.D ., memang mudah menular. Cara penularan biasanya melalui media yang secara sengaja atau tidak, sudah tersentuh penderita. Misalnya, penderita habis mengucek mata lalu bersalaman dengan orang lain. Akibatnya orang tersebut bisa terjangkit penyakit serupa.
Namun walaupun mudah menular, kata Tjahjono, cara mencegah penyakit mata ini sebetulnya sederhana saja, yakni dengan memisahkan peralatan/perlengkapan sehari-hari yang digunakan penderita.Contohnya handuk, selimut, atau pakaian.
PENANGANAN PERTAMA
Secara alamiah, mata sebenarnya punya mekanisme mengatasi masalahnya sendiri. Contohnya, debu yang masuk dan membuat mata kelilipan akan keluar dengan hanya mengedipkan mata berulang kali. Baru kalau cara itu tidak mempan dan mata tetap merah, maka yang pertama bisa dilakukan adalah menganjurkan anak untuk beristirahat dan tidak keluar rumah sementara waktu demi menghindari parahnya peradangan di mata.
Obat tetes mata yang dijual bebas boleh digunakan, tapi jika setelah tiga kali pemakaian mata tak menunjukkan gejala membaik maka lekaslah memeriksakan diri ke dokter mata. Tjahjono menegaskan, obat tetes mata tak boleh digunakan dalam jangka panjang karena justru dapat menimbulkan peradangan/iritasi yang berkelanjutan.
"Obat tetes mata menggunakan bahan kimia yang bersifat asam sehingga cenderung menimbulkan rasa pedih di mata. Fungsinya juga sebenarnya untuk mengurangi iritasi akibat debu atau angin. Namun, sakit mata karena infeksi akibat virus atau bakteri tidak bisa hanya diatasi dengan obat tetes tapi perlu penanganan yang lebih komprehensif oleh dokter mata," ujar spesialis mata dari Jakarta Eye Centre ini.

BERBAGAI PENYAKIT MATA
Yang perlu diketahui, penyakit mata sangat beragam jenisnya dan tidak semuanya merupakan penyakit menular. Penyakit mata yang bisa menular hanyalah yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, sedangkan yang disebabkan alergi tidak akan menular. Upaya penyembuhan sakit mata akibat alergi bisa dilakukan dengan pengobatan rutin dan menjaga mata agar bebas dari sumber-sumber peemicu seperti debu, bulu, asap, dan lainnya.
Inilah ragam penyakit mata dan cara penanganannya seperti yang diutarakan Tjahjono:

1. KONJUNGTIVITIS (MENULAR)
Adalah iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Gejalanya mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), dan penglihatan (kabur). Penyakit yang mudah menular dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan ini disebabkan beberapa faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, dan pemakaian lensa kontak jangka panjang.
Bayi juga dapat menderita penyakit serupa. Hanya saja penyebabnya lebih karena infeksi yang timbul ketika melewati jalan lahir. Lantaran itulah, pada bayi penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal. Seperti diketahui, jalan lahir tidaklah steril dari kuman tertentu yang mungkin bisa menimbulkan infeksi.
Nah, saat bayi lahir melewati jalan lahir (vagina), ia tentu akan terpapar kuman yang ada di lokasi itu. Jika mengenai mata bisa mengakibatkan infeksi pada mata dengan gejala mata merah dan belekan. Oleh karena itu, pada umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri yang dapat menyebabkan konjungtivitis gonokokal.
Penanganan:
* Kompres mata dengan air hangat.
* Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter. Biasanya penderita juga diberi tablet atau suntikan untuk mengurangi iritasi dan gatal pada mata.
* Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
* Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, misalnya memisahkan alat-alat yang digunakan dan tidak digunakan oleh orang lain.
2. KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS (KV)
Adalah iritasi/peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit. Gejalanya: mata merah, berair, gatal, kelopak mata bengkak, dan terjadi kotoran mata (belekan). Perlu diketahui KV merupakan peradangan yang berulang alias musiman dan penderitanya cenderung kambuh terutama pada musim panas. Terkadang penderita KV mengalami kerusakan pada sebagian kecil kornea yang menyebabkan nyeri yang akut.
Penanganan:
* Jangan menyentuh atau menggosok bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi
* Mata dikompres dengan air hangat.
* Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata.

3. ENDOFTALMITIS
Merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi karena mata anak tertusuk sesuatu seperti lidi atau benda tajam lainnya. Infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani karena bisa menimbulkan kebutaan.
Penanganan:
* Dokter mata biasanya memberikan obat antibiotika.
* Untuk mengeluarkan nanah yang berada di bola mata, penderita harus menjalani pembedahan.

4. SELULITIS ORBITALIS (SO)
Yaitu peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, serta penderita mengalami demam. SO pada anak-anak sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi yang berasal dari gigi. Diagnosa pasti dapat ditegakkan melalui rontgen gigi dan mulut atau CT Scan sinus. SO yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti kebutaan, infeksi otak atau pembekuan darah di otak.
Penanganan:
* Untuk kasus yang tergolong ringan dapat diberikan antibiotika secara oral.
* Pada kasus berat diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau bahkan pembedahan untuk mengeluarkan nanah ataupun mengeringkan sinus yang terinfeksi.

5. TRAKOMA (MENULAR)
Adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini berkembang biak di lingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk. Lantaran itulah, trakoma sering menyerang anak-anak, terutama di berbagai negara berkembang. Pemaparan bakteri berlangsung saat anak menggunakan alat atau benda yang sudah tercemari Chlamydia seperti sapu tangan atau handuk.
Gejala trakoma adalah mata merah, mengeluarkan kotoran (belekan), pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening, serta kornea kelihatan keruh. Penyakit ini sangat menular.
Penanganan:
* Jauhkan alat/benda yang sudah dipakai penderita dari anggota keluarga yang lain.
* Penderita biasanya akan diberi salep antibiotika yang mengandung tetracycline dan erythromycin selama sekitar satu bulan bahkan bisa lebih.
* Jika tak segera ditangani dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam dan terjadilah gangguan penglihatan.
* Jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea kemungkinan perlu dilakukan tindakan pembedahan.

6. BLEFARITIS
Di bagian bola mata terdapat lapisan air mata yang berfungi melindungi bola mata dari iritasi. Lapisan yang sangat halus ini terdiri atas tiga kelenjar, yaitu kelenjar minyak, air dan lendir. Nah, blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata karena terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut. Tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa menjadi berlebihan. Sayangnya kelebihan minyak ini ada di dekat kelopak mata yang juga sering didatangi bakteri.
Gejala blefaritis berupa mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, ada luka di bagian kelopak mata dan membengkak. Pada beberapa kasus sampai terjadi kerontokan bulu mata. Ada dua jenis blefaritis yaitu blefaritis anterior dan blefaritis posterior. Yang pertama merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan yaitu di tempat melekatnya bulu mata. Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus. Yang kedua adalah peradangan di kelopak mata bagian dalam, yaitu bagian kelopak mata yang bersentuhan dengan mata. Penyebabnya adalah kelainan pada kelenjar minyak.
Penanganan:
* Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk mengangkat minyak. Ada sejenis pembersih khusus yang bisa digunakan.
* Untuk membunuh bakteri digunakan salep antibiotika seperti erythromycin atau sulfacetamide. Bisa juga dengan obat antibiotika oral seperti tetracycline .

7. DAKRIOSISTITIS
Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada duktus nasolakrimalis yaitu saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah dan penderita mengalami demam.
Infeksi yang ringan biasanya akan cepat sembuh walau tetap ada pembengkakan. Sementara yang tergolong parah dapat menyebabkan kemerahan dan penebalan di atas kantung air mata. Jika terus berlanjut akan terbentuk kantung nanah.
Penanganan:
* Dengan cara pemberian antibiotika oral atau melalui pembuluh darah.
* Bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata
* Jika terjadi kantung nanah maka harus dilakukan pembedahan.

8. ULKUS KORNEA (UK)
Adalah infeksi pada kornea bagian luar. Biasanya terjadi karena jamur, virus, protozoa atau karena beberapa jenis bakteri, seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan atau tertusuk benda asing. UK terkadang terjadi di seluruh permukaan kornea sampai ke bagian dalam dan belakang kornea. UK yang memburuk dapat menyebabkan komplikasi infeksi di bagian kornea yang lebih dalam, perforasi kornea (terjadi lubang), kelainan letak iris (selaput pelangi) dan kerusakan mata.
Gejalanya mata merah, nyeri, gatal, berair, muncul kotoran mata, peka terhadap cahaya (photo phobia) , pada bagian kornea tampak bintik nanah warna kuning keputihan, dan gangguan penglihatan.
Penanganan:
* Penderita UK perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti tes refraksi, tes air mata, pengukuran kornea (keratometri), dan tes respons refleks pupil.
* UK tingkat ringan dapat ditangani dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotika, antivirus atau antijamur.
* Penderita yang tergolong berat kemungkinan perlu menjalani pembedahan yaitu pencangkokan kornea.

sumber : http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Umum/8-Ragam-Penyakit-Mata





Produk yang disarankan :








NUTRILITE Salmon Omega 3





href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjU5O_VOfUSViHt5E613hwzl0gvOWipZ3eaQIW-ShGKI7CCcksU7qZZhmP7-qEt_ot24cHL9jmQzS5UN_ufKXVYqMUYf_axpRSIIHBc8f0z07PEecHJMMKh_lyqkkB7mFuRe-nGpndKvDgm/s1600/salmon+Omega+3.jpg">






Harga : Rp.394.000,-

Mengandung 2 asam lemak esensial omega 3, EPA (Eicosapentanoic Acid) dan DHA (Docosahexanoic Acid) yang berasal dari ikan salmon perairan Norwegia, Atlantik Utara yang bebas pencemaran

Isi: 90 softgel

Manfaat produk
• kandungan asam lemak omega 3 memperlambat terjadinya pembekuan darah, membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsí normal otak, mata, saraf dan sendi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memiliki efek anti radang
• asam lemak omega 3 juga mempertahankan tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah
• kandungan Vitamin E yang merupakan antioksidan membantu mempertahankan kualitas dari minyak ikan

Dosis dan Penggunaan
• usia 18 tahun ke atas
• usia lanjut
• bagi yang ingin menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah

Dosis Anjuran: 2 x (1 – 2 ) softgel perhari, setelah makan

Saran
Ibu hamil, ibu menyusui, serta bila sedang mengkonsumsi obat pengencer darah sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi produk ini




NUTRILITE Bilberry with Lutein






Harga : Rp.406.000,-




Kesehatan mata sangat penting dijaga untuk menunjang aktivitas kita. Pola makan yang kurang seimbang disertai faktor lingkungan seperti radiasi UV dan sinar biru dapat menyebabkan masalah mata seperti rabun, katarak hingga AMD (Age Macular Degeneration). Lengkapi nutrisi untuk mata anda dengan NUTRILITE™ yang mengandung ekstrak buah bilberry yang kaya antioksidan serta lutein untuk mendukung kesehatan mata Anda.

Isi: 62 softgel

Manfaat Produk
• memiliki kandungan utama buah bilberry yang mengandung zat aktif yang disebut anthocyanosides, sejenis pigmen yang menstabilkan kolagen, pembuluh darah dan antioksidan kuat; sehingga bilberry ini mampu mengatasi gangguan dan kerusakan pembuluh darah mikro di mata, khususnya pigmen retina sel penerima cahaya
• kandungan lutein didalam produk ini juga merupakan antioksidan, yang dapat mengurangi resiko katarak dan kerusakan mata akibat faktor usia
• dapat memperlancar peredaran darah mikro dalam mata
• diperkaya dengan asam lemak esensial DHA atau Docosahexaenoic Acid dari minyak ikan tuna dan ganggang laut yang dibudidayakan secara khusus, baik untuk kesehatan retina mata dan memperbaiki saraf pusat (DHA merupakan komponen retina mata, sebanyak 20-30%)
• tambahan konsentrat ceri acerola dan lemon merupakan fitonutrisi yang member efek baik bagi kesehatan, serta merupakan sumber vitamin C untuk mencegah kerusakan mata

Dosis dan Penggunaan
• usia 12 tahun keatas
• pelajar
• pekerja yang sering menggunakan komputer
• usia lanjut
• orang yang ingin memperbaiki kesehatan mata

Dosis Anjuran: 2 x 1 softgel per hari, setelah makan

Saran
• tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui
• orang dengan masalah kesehatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk ini






NUTRILITE™ Natural Multi Carotene





Harga : Rp.363.000,-


Kini hadir dengan formulasi baru dan teknologi terkini, menghasilkan produk berkualitas dengan harga lebih hemat. Mengandung karotenoid yang lebih efektif diserap tubuh, sebagai antioksidan dan membantu memelihara kesehatan mata.
Lingkungan yang saat ini sarat polusi memerlukan antioksidan sebagai penangkalnya. Karotenoid merupakan fitonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan serta baik untuk memelihara kesehatan mata.

Isi: 90 softgel

Manfaat Produk
• terbuat dari ganggang Dunaliella, minyak buah sawit dan bunga marigold, yang mengandung fitonutrisi kombinasi dari beta carotene, alpha carotene yang merupakan prekursor vitamin A dan antioksidan
• mengandung Lutein yang baik untuk kesehatan mata
• kaya akan antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas

Dosis dan Penggunaan
• usia 12 tahun ke atas
• mereka yang ingin menjaga kesehatan mata
• mereka yang ingin meningkatkan perlindungan antioksidan
• mereka yang ingin mencegah penyakit katarak dan Aged-relaed Macular Degeneration (penyakit mata karena lanjut usia)

Dosis Anjuran: 1 softgel per hari, setelah makan







Dapatkan pesan melalui Email : Priyantoandika@ymail.com
No Ponsel : 087862413894
Facebook : Andi IBO Amway


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger