Soal Keistimewaan Kandungan Gizi Coklat

Bookmark and Share




Keistimewaan coklat sudah diketahui sejak lama dari zaman sebelum masehi, saat masa itu coklat kebanyakan diolah menjadi minuman dengan rasa yang pahit, baru sekitar tahun 1502-1528 bangsa Spanyol memberi campuran gula kedalam coklat dan terciptalah minuman yang nikmat, dan bermacam olahan coklat yang di campurkan dengan gula.


Kelebihan coklat adalah makanan yang tidak mudah basi, karena coklat memiliki kandungan polifenol sebanyak 6% sebagai antioksidan yang dapat mencegah coklat dari basi/ketengikan, dan sangat berguna sekali untuk daya tahan tubuh manusia


Komposisi kandungan zat gizi yang terkandung dalam coklat sangat banyak sekali, Biji coklat memiliki kandungan alkanoid yang menyebabkan rasanya menjadi pahit. Selain itu biji coklat juga mengandung protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. 9% Protein yang terkandung dalam biji coklat itu memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Sehingga dengan kandungan yang demikian beragam, menjadikan manfaat coklat bagi kesehatan tentu juga sangat beragam.


Tak perlu khawatir soal gigi keropos (caries) serta menyebabkan kegemukan. asalkan melakukan aktivitas fisik yang cukup serta menu makanan yang seimbang, Anda dapat memperoleh manfaat coklat tanpa harus khawatir dengan resiko caries atau kegemukan.


Beragam olahan coklat termasuk coklat batangan yang di jual di
toko coklat membuat orang banyak menyukai coklat, dengan manfaat gizi yang terkandung dalam coklat hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia berikut adalah manfaatnya:

* Coklat untuk menangkap radikal bebas dari dalam tubuh. Manfaat coklat ini diperoleh karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam coklat (3 x lebih banyak dari teh hijau).


* Coklat dapat mengurangi kolesterol dalam darah.


* Coklat dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.


* Coklat dapat mencegah darah tinggi dan stroke.


* Coklat sebagai sumber nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh.


Tak heran banyak orang mencampurkan coklat kedalam beberapa makanan yang cocok untuk dicampurkan, sebaiknya Anda mengonsumsi coklat yang memiliki kandungan kakao (biji coklat) yang tinggi untuk memperoleh manfaat coklat yang maksimal.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger