Tips Cara Sederhana Cegah Anak Sakit

Bookmark and Share


 

Perubahan cuaca, seperti saat kemarau ke musim hujan, kerap dijadikan kambing hitam penyebab anak sakit. Padahal, fakta kesehatan menunjukkan bahwa pemicu sakit anak adalah kuman yang bila tak segera diatasi dapat menimbulkan efek lebih serius.

Hasil penelitian London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM) menunjukkan, 100 persen ibu percaya bahwa pada saat musim hujan infeksi penyakit akan lebih parah. Musim hujan berarti kemungkinan terkena penyakit menjadi dua kali lebih besar.


Sementara 93 persen ibu percaya bahwa keadaan cuaca yang tidak menentu pada saat musim hujan akan berpengaruh pada kesehatan anak. Ibu percaya kondisi tubuh anak sulit beradaptasi pada cuaca yang tidak menentu.

Para dokter meminta orangtua tak melulu menyalahkan perubahan cuaca tanpa melakukan pencegahan atau tindakan preventif untuk menghadapi kuman yang berevolusi.

Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan mudah adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Ini mengingat tangan merupakan media masuknya kuman dan penyakit ke tubuh melalui benda-benda yang disentuh.

Ada pula tip-tip kesehatan agar keluarga terutama buah hati dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi adalah melakukan imunisasi, menyantap makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, selalu ingat untuk menjaga kebersihan makan. Mulai dari proses menghidangkan makanan, kebersihan alat-alat makan, istirahat cukup, dan kebersihan tangan sehabis bermain, sebelum makan, atau sehabis menyentuh benda yang kotor atau menyentuh hewan.

"Jangan lupa gunakan sabun untuk mencuci tangan dan usahakan menggunakan air yang mengalir untuk membilasnya," ucap dr Herbowo Soetomenggolo SpA, dokter spesialis anak.



sumber:vivanews

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar