Physicology :: Alasan Kenapa Anak Butuh Seorang Sahabat

Bookmark and Share
Sebuah riset terbaru menunjukkan, kehadiran seorang sahabat ternyatadapat membantu setiap individu melupakan setiap pengalaman buruk yangpernah dialami, khususnya pada anak-anak.

Dalam sebuah riset yang dipublikasikan jurnal Developmental Psychology, peneliti melibatkan sebanyak 55 anak laki-laki dan 48 perempuan darikelas 5 dan 6 di Montreal Kanada. Para peneliti merekam perasaan danpengalaman mereka dalam sebuah jurnal selama empat hari. Peneliti jugatidak lupa mengukur tingkat hormon kortisol (hormon stres) padaanak-anak yang dipantau melalui tes air liur secara teratur.

"Mempunyaiseorang sahabat di saat mengalami masa-masa yang tidak menyenangkandapat berdampak langsung pada tubuh dan pikiran anak," kata WilliamBukowski, seorang profesor psikologi dan direktur di Pusat PenelitianPerkembangan Manusia di Concordia University, Montreal.

"Jikaseorang anak sendirian ketika mendapatkan masalah dengan guru atauberselisih paham dengan teman sekelas, kami melihat adanya peningkatanyang terukur terkait tingkat hormon kortisol dan penurunan rasa hargadiri," tambahnya

Peneliti menemukan bahwa kortisol akanmeningkat dan harga diri cenderung menurun ketika seorang anakmengalami pengalaman negatif. Namun, dengan kehadiran sahabat di masasulit, kadar kortisol dan perasaan rendah diri mengalami penurunan.

Parapeneliti mencatat bahwa apa yang terjadi selama masa kanak-kanak dapatmempengaruhi ketika seseorang memasuki usia dewasa, termasuk dalamkaitannya dengan perasaan rendah diri.

"Reaksi fisiologis danpsikologis akan memberikan pengalaman negatif kepada anak-anak dikemudian hari," jelas Bukowski dalam rilis berita.

"Sekresikortisol yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan fisiologis yangsignifikan, termasuk penurunan kekebalan dan pembentukan tulang. Stresyang tinggi benar-benar dapat memperlambat perkembangan anak," jelasnya.

Risetsebelumnya juga menunjukkan bahwa memiliki persahabatan dapat membantumelindungi orang dari intimidasi, pengucilan dan berbagai bentuk agresi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger