Membuat Efek Serpihan Puzzle

Bookmark and Share


Banyak jalan menuju Roma… Begitu peribahasa mengatakan, pun demikian dalam dunia Design Grafis. Tidak ada tutorial mutlak untuk membuat sebuah Project Design, karena yang penting adalah sudut pandang kita dalam melihat sebuah Stock mentah untuk kita improvisasi menjadi sesuatu yang baru. Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan pengembangan dari tutorial sebelumnya tentang cara Membuat Serpihan Tubuh menjadi Serpihan Puzzle dengan bantuan Brush.
Buka Stock pada Adobe Photoshop. Duplicate Layer dan sisipi Layer kosong kemudian Fill Layer tersebut dengan warna Hitam seperti contoh di bawah ini :

 
Selanjutnya Crop Image (seperti tutorial sebelumnya)
Kemudian atur Level agar nampak lebih gelap dengan cara Klik kanan pada Create Fill or Adjustment Layer dan pilih Level seperti contoh di bawah ini :
Selanjutnya persiapkan Puzzle Brush yang dapat anda download di situs penyedia Puzzle Brush dengan keyword “Puzzle Brush” atau anda dapat mencari alternatif Brush lain selain Puzzle Brush.
Setelah siap, load Brush anda seperti contoh di bawah ini :
Selanjutnya pilih salah satu model Brush dan Create new Layer di atas Stock Image kemudian berikan sentuhan Brush terpilih pada bagian yang di kehendaki.
Selanjutnya tahan Ctrl dan Klik pada Layer Puzzle Brush untuk menyeleksi Brush.
Langkah selanjutnya aktifkan kerja anda pada Stock Image dan Copy hasil seleksi dengan perintah Ctrl + C lalu lanjutkan dengan perintah Paste atau Ctrl + V.
(Duplicate layer untuk mendapatkan hasil image yang tajam)
Ulangi langkah di atas pada bagian lain. Setelah selesai lakukan Merge pada semua Layer Puzzle Brush dan seleksi kembali dengan perintah Ctrl + Klik, setelah itu remove Layer Puzzle Brush tersebut dengan cara drag pada icon sampah seperti contoh di bawah ini :
Langkah terakhir dengan hasil seleksi Layer Puzzle yang telah terhapus tadi, aktifkan kerja anda pada Layer Image dan tekan DEL untuk menghapus hasil seleksi Puzzle Brush pada Image asli.
Dengan dasar teknik seleksi di atas anda dapat melakukan improvisasi seperti Final Design dengan Stock lain seperti contoh di bawah ini :
Selamat Mencoba…

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger