5 Hal Yang Bikin Sperma Mati

Bookmark and Share


Beberapa pasangan mungkin sudah puas secara seksual dengan pasangannya, tetapi masih menghadapi masalah dalam mendapatkan keturunan. Solusi untuk mendapatkan keturunan adalah berhubungan seks ketika masa subur (wanita berovulasi). tapi pria harus memiliki sperma yang baik juga untuk mendukung kehamilan tersebut.

Memiliki kualitas sperma yang buruk membuat sebagian pria depresi dan tertekan. Faktanya, ovulasi dapat dibuahi oleh sperma dengan cara pria harus melepaskan setidaknya 40 juta sperma tiap ejakulasi. Oleh karena itu, pria harus menjaga kesuburan sperma.

Berikut lima hal yang harus diwaspadai agar sperma prida dapat berkualitas.

Mandi menggunakan air panas

Ya, mandi menggunakan air panas dapat menurunkan jumlah sperma. Faktanya, untuk dapat berfungsi dengan baik, testis manusia harus tetap dalam kondisi dingin. Jika suhu testis naik di atas 98 derajat, maka bisa merusak sperma pada pria. Untuk mengatasinya, mandi menggunakan air hangat jangan terlalu panas.

Pemakaian celana dalam terlalu ketat


Para peneliti mengatakan, penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan hawa panas pada testis. Hal ini dapat menurunkan jumlah produksi sperma.

Penggunaan telefon genggam

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang menggunakan ponsel selama lebih dari delapan jam sehari, memiliki jumlah sperma lebih rendah dibandingkan dengan pria yang menggunakan telefon genggam kurang dari delapan jam. Hal ini karena kebiasaan pria yang memasukkan telefon genggam dalam saku mereka. Testis akan terkena radiasi dan berdampak negatif pada proses produksi sperma.

Obesitas

Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan obesitas. Obesitas dapat mengganggu fungsi kelenjar seksual. Pada wanita, obesitas dikaitkan dengan peningkatan produksi hormon (estrogen). Sedangkan pada pria, obesitas dapat berkaitan dengan penurunan jumlah sperma. Beberapa penelitian menjelaskan, pria obesitas telah mengurangi fungsi testis dan jumlah sperma.

Alkohol


Sering mengonsumsi alkohol juga dapat menurunkan kualitas sperma. Alkohol mencegah tubuh dari penyerapan seng yang merupakan salah satu mineral paling penting dalam pembentukan sel sperma.
sumber:boldsky

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar