Tips Cara Atasi Insomnia

Bookmark and Share


Insomania saat ini banyak diderita oleh kaum muda pada usia produktif. Entah karena pola hidup yang berubah, atau ada faktor lain sebagai penyebab insomania di kalangan kaum muda tersebut, yang jelas insomania harus segera diatasi sebelum merusak  kesehatan tubuh.
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur.

Trytophan merupakan salah satu jenis asam lemak yang berfungsi menghasilkan serotonin berfungsi mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.

Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang karena hal ini dapat membebani system pencernaan anda saat anda, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.
Meminum secangkir teh herbal atau susu hangat sebelum tidur juga akan sangat membantu. Sebaliknya, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat dan minuman bersoda.

Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.

Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak. Hidup sehat dengan pola makan serta pola hidup yang sehat pula merupakan solusi terbaik buat menjalani kehidupan yang sangat berharga ini.


sumber:xamthoneplus

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar