Apa itu PhysX? Perlukah untuk sebuah Game?

Bookmark and Share
Apa itu PhysX? Perlukah untuk sebuah Game? Mungkin anda juga termasuk salah satu orang yang menanyakan hal ini apalagi mulai banyak dibahas pada forum-forum jika salah satu senjata utama PC untuk menghabisi konsol adalah PhysX. Nah sebenarnya apa itu PhysX dan bagaimana bentuknya? Dan apakah perlu PhysX untuk sebuah game?


Teknologi PhysX ini dikembangkan oleh pihak NVidia dimana bertujuan untuk membuat efek-efek seperti ledakan, hentakan dan lain lain, menjadi lebih nyata dan real. Salah satu contohnya coba anda lihat perbandingan gambar diatas antara yang menggunakan PhysX dengan yang tidak. Nah teknologi PhysX ini sudah bisa anda dapatkan pada kartu grafis NVidia saat ini, namun perlu anda ingat karena PhysX ini tidak enteng lho. Ya, malah sebaliknya anda bahkan bisa mengalami penurunan fps cukup drastis dengan teknologi ini...

Nah daripada anda penasaran Apa itu PhysX dan bagaimana bentuknya, berikut adalah video gameplay Hawken yang baru saja mendapatkan fasilitas PhysX dari NVidia sendiri.

Can't Open? Visit Here

Hmm.. indah kan?
Beberapa efek memang terlihat sangat real dan nyata namun apakah anda juga melihat beberapa hal aneh yang ada disana? Efek PhysX pada game Hawken diatas ini memang brilian namun ada beberapa saat anda akan mengalami semacam lag akibat efek yang terjadi. Selain itu pada efek ledakan anda akan melihat sedikit kesan "Lebay" karena efek yang muncul sangat berlebihan seperti percikan api yang berputar-putar layaknya ada setan disitu... hahaha.

Jadi perlukah PhysX?
Anda yang memang menginginkan pengalaman bermain yang nyata tentu saja akan membutuhkan efek PhysX, tapi perlu anda ingat baik-baik bahwa menambahkan efek ini akan membuat fps anda drop cukup jauh. Ya, jika anda ingin mendapatkan permainan yang nyaman dan lancar dengan PhysX ini... ya mau ngga mau anda harus memiliki komputer yang canggih dan tentunya ini mahal @_@.

Tapi... entah kenapa, bagi saya pribadi efek PhysX ini sering kali terlalu berlebihan dan justru lebih cocok digunakan untuk game bergenre Fantasy yang memang memerlukan efek-efek khusus yang memukau. Selain itu saya rasa perkembangan game masa depan yang sudah menggunakan Engine seperti Unreal Engine 4 ini bakalan sudah tidak perlu lagi menggunakan PhysX (Semoga saja lebih enteng daripada menggunakan PhysX). Jadi mungkin anda bisa mempertimbangkan juga kapan anda menggunakan PhysX dan kapan tidak. Karena tentu saja... PhysX yang "Lebay" pada game perang robot seperti Hawken malah membuat anda jadi tidak fokus dalam bermain.. bukan begitu? So semua kembali pada anda sendiri. :)

Catatan :
Tulisan ini merupakan salah satu pendapat pribadi dari saya sendiri yang menganggap teknologi PhysX ini adalah canggih namun masih perlu dipertimbangkan dalam penggunaannya. Mohon maaf jika tulisan ini terasa "sangat bodoh" atau tidak berkenan bagi anda. :)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger