Kembalikan Suara Startup Ubuntu 11.10 Yang Hilang

Bookmark and Share
Banyak pengguna Ubuntu 11.10 yang mengeluh tentang menghilangnya suara saat startup yang selalu ada pada versi sebelumnya. Padahal perangkat audionya berjalan baik, digunakan memutar audio dan lainnya juga berjalan lancar. Ada apakah gerangan?.

Startup Sound Ubuntu
Bagi kami, itu bukan sesuatu yang harus ada, namun demikian bunyi suara yang terdengar saat komputer dinyalakan itu mungkin menjadi bagian tersendiri dihati penggemarnya.. :) Ibarat empat sehat maka tidak menjadi lima sempurkan jika suara startup itu tidak ada lagi. Untuk mengembalikan suara startup Ubuntu 11.10 yang menghilang tersebut, silahkan ikuti panduan singkat berikut.
Pastikanlah pada installasi Ubuntu 11.10 yang Anda gunakan telah terinstall paket gnome-session-canberra, Anda dapat menggunakan Synaptic atau Ubuntu software center untuk memastikan paket tersebut telah ada. Normalnya seharusnya ada saat Ubuntu 11.10 diinstal, namun jika memang sudah tidak ada maka dengan cara mudah Anda dapat menginstallnya kembali dengan menjalankan terminal lalu memeberi perintah berikut; "sudo apt-get install gnome-session-canberra" tanpa tanda kutip.

Bagi Anda yang masih memiliki paket tersebut terinstall pada sistem maka tidak perlu menginstallnya kembali, cukup langsung mengikuti panduan berikut.

Jalankan terminal (Ctrl+Alt+t), lalu pada jendela yang telah terbuka, ketik atau copy paste perintah berikut...

sudo cp /usr/share/sounds/ubuntu/stereo/* /usr/share/sounds/

...tutup jendela terminal lalu logout dari sesi saat ini untuk menguji apakah suara startup sudah kembali.

Login kembali kedalam sistem, jika Anda beruntung maka apa yang hilang itu sudah dapat Anda dengarkan... ^_^

Selamat mencoba...

Dipublikasikan di:




{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger