Membuat Obyek Gunung dengan 3ds Max

Bookmark and Share
Fitur yang kita gunakan disini adalah Displace, fitur ini berfungsi untuk memberi contur pada object datar,  dalam hal ini adalah object Plane. Dalam proses modifikasi disini kita membutuhkan object bantu yaitu sebuat file bitmap warna putih dan hitam(contoh; seperti gambar dibawah),  warna putih berfungsi untuk membuat bidang yang lebih tinggi, dan warna hitam untuk membuat bidang yang rendah.

Langkah membuatnya sebagai berikut;
1. Kita siapkan file bitmap seperti dibawah ini, object ini aku asal comot saja pada file yang aku punya, sampeyan bisa buat sendiri dengan CorelDRAW sembarang pokoknya hitam dan putih atau gelap dan terang;



2. Buat object Plane, pada parameter  isi Lengh=150 With=150 Lengh Segs=100 With Segs=100


3. Klik Modify > Modifier List > pilih Displace;


Seperti setelah di klik;


Pada Parameter ubah nilai Strength untuk mengatur ketinggian, untuk mengambil file Bitmap yang akan digunakan sebagai kontur Displace klik tombol None;


Cari pada komputer sampeyan, setelah ketemu klik Open;


Pada Parameters ubah nilai Strength=20


Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Sekali lagi Klik Modify > Modifier List > pilih TurboSmooth, pada Rollup Turbosmooth  > ubah Iteration=3;


Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Selanjutnya untuk pematerialan, tekan M di keyboard, klik kotak disamping Diffuse, pilih Bitmap;


Pilih gambar tanah yang ada pada file 3ds Max, tekan Open


Klik Assign Material to Selection > klik Show Map in Viewport  > kemudian tutup Material Editor

Selanjutnya klik icon Render;


Tunggu barang sejenak, maka akan nampak hasil rendering seperti gambar dibawah ini;


Selesai, contoh diatas adalah contoh sederhana untuk membuat object gunung, contoh yang tidak sederhana seperti gambar dibawah ini;




Selamat mencoba.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger