Perihal Proses Memasang Keramik Sendiri

Bookmark and Share



Memasang keramik biasanya orang memanggil tukang untuk mengerjakan pemasangan keramik pada rumah anda, namun bagaimana bila anda memasang sendiri?, apa saja yang harus anda lakukan ?, simak langkah- langkahnya berikut ini:


Selalu gunakan pakaian dan peralatan yang aman. Kenakan kacamata pengaman, sarung tangan kulit tebal, dan pakaian kerja overall, terutama saat membongkar ubin keramik yang lama. Pecahan keramik dan serpihan lain dapat menyebabkan luka, jika Anda tidak hati-hati.
Pita pengukur, tile spacer, pengukur siku, dan bubble level.
Palu, pisau plamur (putty knife), dan cetok (lebih baik yang bertakik), dan rubber grout float.
Pemotong ubin (yang dapat disewa) dan tang ubin.
Material Mortar seperti thin set mortar, atau pilih dari sejumlah perekat ubin yang tersedia.
Tiling grout dan sealant. Tiling grout tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda dapat memilih yang cocok dengan desain Anda.


Layout lantai Anda
Mengukur panjang dan lebar lantai Anda akan membantu untuk menentukan bagaimana Anda memasang ubin keramik dan memperkirakan jumlah ubin keramik yang harus Anda beli. Mulailah dengan menemukan titik pusat dari area lantai. Anda dapat melakukan ini dengan mengukur ruangan dengan menyilang dari sudut ke sudut dan menandai tengah-tengahnya. Perpotongan dari kedua garis merupakan titik pusat lantai yang akan Anda pasangi ubin. Buat garis dengan kapur. Garis-garis kapur ini akan membantu Anda dalam hal posisi untuk meletakkan ubin.

Pasang ubin dimulai!
Tempatkan ubin pertama di perpotongan dua garis tadi. Rekatkan ke subfloor dengan menggunakan thin set mortar, atau adhesive ubin yang Anda pilih. Penggunaan cetok bertakik untuk membubuhkan mortar adalah pilihan terbaik untuk memasang ubin keramik. Namun Anda tetap dapat menggunakan cetok biasa jika Anda tidak memilikinya. Untuk mengepaskan ubin pada tempatnya, tekan ke bawah sambil menggerakkannya maju mundur sampai posisi ubin mantap. Jika ada mortar atau adhesive yang meluber keluar, gunakan cetok (atau spon basah) untuk menyingkirkannya. Lakukan proses ini sampai ubin berikutnya, dan seterusnya, sampai Anda selesai memasang.

Mengisi sela-sela ubin
Setelah ubin keramik terpasang, waktunya mengisi sela-sela ubin dengan grout. Grout adalah material terbuat dari semen, pasir, air, dan sedikit warna. Ia digunakan untuk mengisi sela-sela ubin dan merekatnya. Grout tersedia dalam berbagai warna dan Anda dapat memilih yang sesuai dengan warna ubin. Gunakan rubber grout float dan masukkan grout ke sela-sela ubin. Gunakan grout float pada sudut sedemikian rupa sehingga Anda dapat mengisi celah dengan sebanyak mungkin grout.

Demikian prosesnya semoga bermanfaat untuk anda bila memasang kramik sendiri dirumah agar anda dapat mengkreasikan keinginan anda, temukan info menarik tentang poles marmer

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger